Kunjungan Wakil Menteri Perindustrian dan perdagangan RI di Akar Dewa Jati Situbondo

Kunjungan Wakil Menteri Perindustrian dan perdagangan RI di Akar Dewa Jati Situbondo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7XScmE8femU4Kx3TcDg0sX7rd8qHXEKneJXGpuPulAQNfqvQKl44r383_w2gPlv3R70bJ5bxUebIfqZoGImiR6FyPQ1T85c1owOGTwPevh9le_tmA64vTCLMP5FwVXI7jFATwB2YW5phh/s72-w640-c-h288/ADJ+2.jpg

Kedatangan Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Jerry Sambuaga yang juga didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagagangan Jatim Bapak Drajat Irawan dan Bupati Situbondo Bapak Karna Suswandi di UD. Akar Dewa Jati Situbondo pada 5 Juni 2021 berlangsung istimewah. Diskusi berbagai hal dari pemetaan potensi di Kabupaten Situbondo sampai hal-hal terkait percepatan ekspor produk asli buatan Indonesia seperti yang ada di Akar Dewa Jati ini. Pak Wamen Jerry melirik beberapa produk unggulan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yang dinilai sudah layak ekspor, hanya menurutnya masih ada kelemahan packaging atau pengemasan. 


Dokumentasi saat kunjungan Pak Wamen Perindag RI didampingi Kadisperindag Jatim dan Bupati Situbondo

Agar produk lokal tersebut bisa bersaing di pangsa pasar dunia, Jerry Sambuaga berencana akan memberikan pelatihan kepada para pengusaha di bidang packaging, melalui program pelatihan ekspor milik Kementerian Perdagangan. "Kami punya Balai pelatihan ekspor yang memberikan pelatihan packaging, cleaning, workshop, seminar, sampai pendampingan dalam tata cara melakukan ekspor," ujar Jerry Sambuaga, saat berkunjung ke tempat kerajinan Akar Dewa Jati di Desa/Kecamatan Kendit, Situbondo, Sabtu (5/6/2021). 

Kata Jerry, program pelatihan ekspor memang dikhususkan untuk produk lokal yang ada di seluruh daerah di Indonesia, termasuk Situbondo. Hal ini dilakukan, untuk mendorong produk-produk lokal yang dinilai punya nilai jual tinggi agar bisa bersaing di level dunia. "Kita petakan apa yang potensial di Situbondo, misalnya kopi, kerajinan dari akar pohon, dan produk lainnya. Secepatnya akan kita tindaklanjuti untuk pelatihannya. Nantinya produk tersebut akan kita pasarkan di 40 negara," bebernya. Pantauan RRI, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan, dan rombongan, ditemani Bupati Situbondo Karna Suswandi, mengunjungi tempat kerajinan akar jati di Desa/Kecamatan Kendit. Kerajinan akar jati ini diproyeksikan untuk mendapatkan pendampingan dari Kementerian Perdagangan, agar bisa bersaing di kancah dunia. Selama ini, ekspor kerajinan dari akar jati berupa furnitur atau perabotan rumah tangga tersebut sudah diekspor ke Asia Timur seperti Jepang dan Korea, sebagaian ke Negara Timur tengah seperti keSaudi Arabia, Australia, dan berbagai negara di Eropa dan Amerika. (Sumber: Berita di rri.co.id)

Berita Terkait:

Share this product :

Posting Komentar

 
Copyright © 2019. UD. Akar Dewa Jati - All Rights Reserved